Sabtu, 09 Oktober 2010

Panduan Taktik: Team Instructions FM 2009

Mentality

Mentality mempengaruhi posisi pemain di lapangan. Posisi pemain di gambar pola taktik adalah dasar posisinya, tetapi mentality mempengaruhi seberapa terkendalinya sang pemain nantinya dalam pertandingan. Yang terkiri adalah Ultra Defensive dan yang terkanan adalah All Out Attacking. Semakin kita menggerakkan slider ke kanan maka pemain anda akan semakin agresif secara posisi dan semakin ambisius dalam mengumpan. (mentality yang agresif akan menghasilkan lebih banyak passing ke depan).

TIPS:
Individual mentality tidak terpengaruh oleh team instructions atau Mentality dalam Team Instructions tidak akan berpengaruh lagi pada mentality pemain yang telah anda set. Jadi hanya berlaku pada pemain yang dalam player instructionnya tidak diset sama sekali.

Creative Freedom

Creative Freedom berpengaruh terhadap kecenderungan seberapa sering pemain mencoba melakukan hal yang 'sulit' dan ambisius. Yang terkiri adalah Little dan yang terkanan Much. Semakin banyak creative freedom berarti anda memperbolehkan tim anda untuk  melakukan hal yang tak terduga. Tetapi kemungkinan berhasil atau tidaknya tetap tergantung pada kemampuan pemain anda.
TIPS: Baiknya anda menset creative freedom berbeda-beda pada pemain anda dalam player instructions saja. Pemain yang mempunyai skill lebih boleh diberikan lebih demikian pula sebaliknya. Tetapi untuk posisi yang lebih membutuhkan konsistensi dan konsentrasi lebih seperti centre back dan kiper, sebaiknya diberikan creative freedom yang minim saja.

Tempo

Tempo merupakan seberapa cepat dan tergesanya tim anda bermain. Slider terbentang dari slow sampai Quick. Semakin ke kanan maka tim anda akan bermain dalam tempo lebih cepat dan berusaha menyelesaikan segala sesuatunya dengan cepat. Tempo mempengaruhi seberapa besar kemungkinan kesuksesan passing tim anda.
Anda boleh-boleh saja menyuruh tim anda bermain cepat dipadukan dengan short passing seperti Arsenal, namun ingat kesalahan umpan akan rawan terjadi apalagi jika tim anda belum siap untuk itu.
TIPS: Tempo yang cepat biasanya baik digunakan saat anda ingin menyerang/mencari gol, namun perlambatlah tempo jika anda ingin lebih bertahan/mempertahankan keunggulan.

Width

Width berpengaruh terhadap seberapa lebar pemain anda memanfaatkan lapangan ketika sedang memegang bola (possesion). Pilihan adalah Narrow di kiri sampai Wide di kanan. Semakin ke kanan maka tim anda akan semakin mencoba lebih memanfaatkan lebar lapangan. Strategi menyerang membutuhkan lebar lapangan yang cukup demi membongkar pertahanan lawan. Sebaliknya strategi bertahan akan berusaha menyempitkan permainan demi menciptakan pertahanan yang padat dan sulit dibongkar.

TIPS: Selain demi kepentingan strategi, perhatikan pula lebar dimensi lapangan (pitch width). Pada lapangan yang sangat lebar, pemain sudah mudah menemukan ruangnya dalam menyerang, sebaliknya bertahan juga sudah sulit karena lebar lapangan yang ada. Oleh sebab itu sebaiknya kita tidak menset width terlalu tinggi pada lapangan yang memang sudah lebar karena hanya akan membuat pertahanan kita rawan bahaya, kecuali anda sudah cukup percaya diri melawan lawan yang sangat lemah. Sebaliknya jika lapangan pertandingan pertandingan merupakan lapangan yang sempit, kita justru harus melebarkan permainan memanfaatkan setiap jengkal lapangan yang tersisa.

Closing Down

Closing Down merupakan seberapa sering atau seberapa besar kesungguhan pemain-pemain anda untuk mempress pemain lawan saat mereka mendapatkan bola. Slider yang terkiri adalah 'Rarely' sampai yang terkanan 'Often'. Semakin ke kanan berarti seberapa sering pemain-pemain anda mendekati pemain lawan saat mereka mendapatkan bola dengan tujuan membuat mereka dalam tekanan. Namun hati-hati dengan fisik pemain anda dan posisi yang terbuka karenanya.
TIPS: Perbanyak closing down jika anda dalam keadaan menyerang, sebaliknya turunkan jika anda ingin bertahan.  Hati-hati dengan closing down yang terlalu banyak pada centre back. Anda pernah menyaksikan bek anda berlari mengclosing down gelandang lawan sedangkan striker lawan justru ditinggalkannya ? Turunkan closing down pada centre back anda ini.

Time Wasting

Penerapan time wasting (mengulur waktu) adalah taktik defensif yang bertujuan untuk menetralisir serangan lawan serta membuat frustrasi mereka. Jika digunakan sepanjang pertandingan, berarti tim anda ingin bertahan melawan tim lawan yang lebih superior.

TIPS: Gunakan Time Wasting 'Often' untuk mempertahankan skor di 10 menit terakhir pertandingan.

Defensive Line

Defensive line mencerminkan garis posisi pertahanan terakhir tim anda. Ini mempengaruhi posisi pemain baik saat 'memegang' bola maupun saat kehilangan bola. Yang terkiri Deep dan yang terkanan Push Up. Saat kehilangan bola, garis pertahanan tim anda akan mengikuti instruksi anda, turun ke dalam (bawah) atau maju ke depan. Semakin jauh ke kanan (push) berarti seberapa mendekatinya unit defense anda ke tengah lapangan saat 'memegang' bola (possesion).
TIPS:
1. Idealnya defensive line adalah berada pada titik tengah mentality tim anda. Lihat mentality terkecil dari pemain anda, misalnya kiper diberi mentality 8, striker diberi mentality 14. Maka Defensive Line anda jangan terlalu jauh dari angka 11. Jika defensive line di angka ideal agak bermasalah berulah sesuaikan seperti di bawah ini.
2. Perhatikan kualitas striker lawan dengan baik dan bandingkan dengan kecepatan centre back anda.JIka striker lawan terlalu cepat, sedikit memundurkan defensive line akan membuat pertahanan anda akan lebih aman.
3. Panjang lapangan juga berpengaruh terhadap defensive line. Perhatikan 'Length' lapangan pertandingan, jika lapangan termasuk pendek maka defensive line yang terlalu tinggi akan menjadi masalah seberapapun cepatnya centre back anda.

Tackling

Tackling adalah tingkatan seberapa agresif pemain anda mencoba ketika mentackling bola. Levelnya adalah : Easy, Normal dan Hard.

TIPS:
Slider Tackling akan lebih efektif jika kita menyesuaikannya pada kemampuan tiap pemain. Jika anda mempunyai pemain yang kuat (strength), penuh determinasi (determination), berani (brave) diatas rata2, set tackling ke hard ada bagusnya. Namun untuk striker sebaiknya tidak menset ke hard demi memancing pelanggaran lawan, juga untuk pemain yang lemah di atribut diatas (pemain yang lemah justru akan mudah cedera jika kita memberinya instruksi hard tackling).

Focus Passing

Pilihan ini akan menginstruksikan kepada pemain dari arah mana mereka mengusahakan serangan. Pilihan yang ada adalah:
    * Play down both flanks (melalui kedua sayap, kiri dan kanan)
    * From the left atau  the right (hanya melalui kiri atau kanan)
    * Through the middle (melalui tengah lapangan)
    * Mix
Sesuaikan dengan taktik anda, kekuatan tim anda dan kelemahan tim lawan sebelum memutuskan focus passing yang anda pilih.
Sesuaikan juga dengan width diatas, alangkah tidak masuk akal jika kita menset width selebar-lebarnya sedangkan kita melakukan focus passing melalui tengah atau 'through the middle'.

Man Marking

Pilihannya ada dua, Man Marking atau Zonal Marking.
    * Man Marking adalah yang termudah diterapkan karena pemain hanya bertanggung jawab pada seorang pemain lawan sepanjang pertandingan.
    * Zonal Marking menginstruksikan pemain untuk bertanggung jawab pada daerahnya masing-masing, begitu lawan masuk ke dalam daerahnya. Ini agak sulit diterapkan karena pemain bertahan tim anda harus bagus dalam atribut Anticipation, Concentration, dan Decision, selain harus bagus pula dalam atribut bertahan umum. Kelebihan sistem ini adalah membuat pertahanan lebih efektif, karena akan jarang membuat pemain bertahan berada di luar posisinya, yang pada akhirnya membuat pertahanan tim menjadi solid.

Target Man Supply

Ini berlaku efektif jika anda memutuskan untuk menggunakan target man (centang 'use target man'). Pilihannya adalah :
    * To Head - gunakan jika target man anda kuat dan tinggi besar melewati centre back lawan.
    * To Feet - jika target man anda kuat tetapi tidak tinggi.
    * Run Onto Ball - gunakan untuk target man yang cepat
    * Mix
TIPS: Perhatikan dahulu kekuatan target man anda dan kelemahan centre back lawan.
Options
    * Tight Marking - jika dicentang maka pemain anda akan mengawal ketat pemain lawan.
    * Use Target Man - jika anda ingin menggunakan target man (biasanya adalah striker, namun tidak tertutup kemungkinan pemain non striker). Jangan lupa memilih pemain yang ditunjuk menjadi target man.
    * Use Playmaker - Jika anda mempunyai pemain yang berbahaya dengan visi dan umpan-umpan akuratnya selain bagus pula dalam atribut lain seorang gelandang anda bisa mencentangnya. Playmaker biasanya seorang gelandang, namun tidak tertutup kemungkinan bagi posisi lain. Jangan lupa memilih pemain yang ditunjuk menjadi playmaker.
    * Play Off Side - Putuskan apakah pertahanan anda akan menggunakan perangkap off side atau tidak. Untuk bisa diterapkan secara baik, anda membutuhkan pemain yang mempunyai kemampuan untuk itu dan  pemain yang telah mengerti satu sama lain dengan baik.
    * Counter Attack - Opsi ini baik digunakan bagi tim yang lebih lemah dari tim lawannya atau bagi tim yang mempunyai kapabilitas dan kemampuan untuk melangsungkan serangan kilat. Jika anda sedang bermain sangat menyerang, opsi ini tidak terlalu perlu dicentang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar